Olahraga

Begini Riwayat Megatransfer Ronaldo ke Juventus

Riwayat transfer Ronaldo ke Juventus
Cristiano Ronaldo (Foto: FIFA)
201views
Waktu baca : 3 menit

Real Madrid dan Juventus sudah memberikan pernyataan resmi tentang transfer Ronaldo, Selasa (10/7) lalu. Pernyataan yang mengakhiri dugaan dan rasa penasaran publik sepak bola tentang nasib sang bintang. Ronaldo tidak lagi menjadi pemain Real Madrid. Mulai musim kompetisi berikutnya, sang bintang adalah pemilik nomor 7 di Juventus.

Ronaldo secara resmi diumumkan sebagai pemain baru Juventus setelah bertemu secara langsung dengan Andrea Agnelli, Presiden Juventus. Pertemuan itu terjadi di Yunani. Pemain berusia 33 tahun itu menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun dengan nilai 120 juta euro.

Transfer Ronaldo ke Juventus bisa jadi adalah megatransfer tercepat dalam sejarah sepak bola. Mengapa tidak, rumor tentang transfer itu baru berhembus pada tanggal 1 Juli lalu. Dan hanya dalam tempo 10 hari, rumor itu menjadi kenyataan.

Memang hanya 10 hari rumor itu berkembang menjadi nyata. Namun, sebenarnya, gelagat tentang bakal hengkangnya Ronaldo dari Real Madrid sudah tercium jauh-jauh hari. Tepatnya sejak Januari lalu.

Januari 2018

Riwayat transfer Ronaldo ke Juventus
(Foto: Istimewa)

Pada bulan ini, Real Madrid membuat sebuah kesepakatan dengan Ronaldo. Kesepakatan tentang nilai klausul penebusannya yang ada di dalam kontrak. Kedua bela pihak sepakat untuk menurunkan klausul penjualan menjadi hanya 100 juta euro dengan syarat bahwa ia tidak pindah ke klub rival secara langsung.

Sebenarnya Ronaldo tidak menginginkan kesepakatan ini terjadi. Namun, ia akhirnya sepakat juga karena merasa bahwa klub sudah tidak ingin memilikinya. Tambahan lagi, klub juga menolak pengajuan kenaikan gajinya.

3 April 2018

Riwayat transfer Ronaldo ke Juventus
(Foto: Istimewa)

Real Madrid harus bertandang ke kandang Juventus, Allianz Stadium, dalam laga lanjutan Liga Champions. Madrid menang dengan skor 3-0. Dua dari tiga gol itu dicetak oleh Ronaldo. Dan salah satu di antaranya dicetak dengan cara yang sangat indah: tendangan salto.

Gol itu tidak hanya membuat kagum para pendukung Real Madrid, tetapi juga pendukung Juventus. Gol yang membuat para Juventini jatuh hati. Dan ia mendapatkan standing ovation dari seisi stadion.

“Itu adalah sebuah momen yang sangat menyentuh yang saya alami pada mala mini. Mendapatkan standing ovation di stadion seperti ini, yang telah menjadi saksi banyak pemain hebat, adalah momen yang istimewa,” katanya saat itu. Dan ia mengaku bahwa ia adalah seorang pengagum Juventus sejak kecil.

26 Mei 2018

Riwayat transfer Ronaldo ke Juventus
(Foto: AP)

Ronaldo sekali lagi menunjukkan geliat yang tidak biasa. Kali ini setelah laga final Liga Champions melawan Liverpool. Ketika para pemain lain sedang merayakan kemenangan itu, ia membuat pernyataan yang mengagetkan.

“Selalu menjadi hal yang menyenangkan bisa bermain di Real Madrid. Dalam beberapa hari ke depan, saya akan bicara lebih jauh tentang hal ini,” katanya.

Pernyataan ini benar-benar membuat gerah para petinggi klub. Namun, para pemain dan jajaran manajerial klub langsung memberikan bantahan.

1—9 Juli 2018

Riwayat transfer Ronaldo ke Juventus
(Foto: Istimewa)

Untuk sementara waktu, teka-teki tentang masa depan Ronaldo dikesampingkan. Media lebih tertarik memberitakan performa sang bintang dalam laga melawan Spanyol. Ia mencetak 3 gol dalam laga perdana Portugal.

Sampai dengan akhir babak penyisihan grup, rumor itu pun tidak disinggung-singgung. Baru ketika Portugal disingkirkan Uruguay pada babak 16 besar, rumor itu disulut lagi. Semuanya dimulai pada 1 Juli oleh Tuttosport, media dari Italia.

Pada awalnya, pihak Juventus bertemu dengan Jorge Mendes, agen Ronaldo, untuk membicarakan transfer Joao Cancelo. Namun, masa depan Ronaldo ikut disebut-sebut. Dan pada 3 Juli, Marca melaporkan bahwa Ronaldo sudah sepakat untuk pindah ke Juventus.

Pada 9 Juli, Juventus melayangkan tawaran resmi kepada Madrid. Mereka mau menebus klausul rilisnya senilai 100 juta euro. Mereka mendapatkan dukungan dari sponsor untuk membeli Ronaldo.

10 Juli 2018

Sambutan elegant Juventus (Foto: Twitter/@juventusfc)

Dua hal penting terjadi pada hari ini. Di Madrid, Jorge Mendes menemui pihak klub untuk memastikan semua proses transfer berjalan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Sementara di Yunani, terjadi pertemuan antara Ronaldo dengan Andrea Agnelli, Presiden Juventus. Agnelli memang terbang ke Yunani dengan jet pribadinya untuk menemui Ronaldo yang sedang berlibur bersama kekasih dan keluarganya. Hasilnya adalah ia secara resmi telah menjadi pemain Juventus.