fbpx
Gaya Hidup

Begini Cara Ngopi yang Aman Selama Ramadan

Tips aman minum kopi selama Ramadan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
171views
Waktu baca : 2 menit

Berita terkini Jelujur.com – Selama Ramadan ini, pola makan dan minum berubah. Tidak bisa makan dan minum lebih dari 3 kali sehari seperti biasa. Setelah waktu imsak, tubuh berpuasa hingga lebih dari 12 jam.

Perubahan pola makan dan minum ini mungkin sangat berpengaruh terhadap orang-orang yang selalu rutin minum kopi atau teh pada pagi, siang, dan sore hari. Mereka baru bisa minum kopi pada saat berbuka dan saat sahur. Tidaklah mengherankan bahwa banyak orang mengeluh sakit kepala karena tidak bisa minum kopi pada waktu-waktu tertentu itu.

Bagaimana kamu harus menyiasati kesulitan itu, agar kamu tetap bisa menikmati kopi selama Ramadan ini? Yang harus kamu ketahui terlebih dahulu adalah bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi bersifat stimulan dan mempengaruhi kinerja sistem saraf pusat. Zat itu dapat menangkal rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, kafein juga bersifat antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas.

Berikut ini beberapa cara menikmati kopi tanpa mengganggu puasamu seperti dilansir kompas.com:

Kurangi asupan kafein

Tips aman minum kopi selama Ramadan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Dilansir dari Cleveland Clinic Abu Dhabi, dosis aman kafein dalam sehari adalah 400 mg untuk orang dewasa. Ini setara dengan 2—3 cangkir kopi hitam. Namun, dosis ini dianjurkan bagi orang dengan jadwal makan yang teratur dan bukan yang sedang berpuasa. Jika kamu berpuasa, sebaiknya kurangi asupan kafeinnya hingga 200—300 mg.

Minum pada waktu yang tepat

Tips aman minum kopi selama Ramadan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Kapan sebaiknya kamu minum kopi? Saat berbuka? Ataukah saat sahur? Kamu harus tahu bahwa kopi bersifat diuretic, sehingga menyebabkan produksi urine lebih banyak. Jika kamu minum kopi saat sahur, rasa kopi yang kental bisa membuatmu cepat haus. Tambahan lagi, sifatnya yang diuretik bisa membuatmu dehidrasi. Oleh karena itu, minum kopi saat sahur bukanlah waktu yang tepat. Sebaiknya minum kopi satu atau dua jam setelah berbuka. Bila kamu minum kopi sesaat setelah berbuka, ketika perut masih dalam keadaan kosong, dinding perutmu bisa teriritasi. Namun, minum kopi dua jam setelah berbuka bisa jadi terlalu dekat dengan jam tidur. Jadi, jangan minum terlalu banyak. Dan jang , usahakan untuk tidak minum kopi di atas kopi di atas jam 8 malam dan jangan minum terlalu banyak.

Pilih jenis kopi

Tips aman minum kopi selama Ramadan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Kopi decaf (disebut juga kopi tanpa kafein) sudah dijual di mana-mana. Itu adalah kopi yang kandungan kafeinnya sudah dihilangkan sekitar 94-98%. Kopi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu selama Ramadan ini. Dilansir dari Hufftington Post, hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 lalu oleh para ahli dari University of Florida menunjukkan bahwa seseorang perlu minum 5—10 cangkir kopi decaf untuk merasakan efek yang sama dengan kopi berkafein pada umumnya.