Kecantikan & Kesehatan

Awas, Pancaran Cahaya Biru dari Ponsel Bisa Membutakan Mata

Sinar biru gadget bisa sebabkan kebutaan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)
58views

Hasil banyak penelitian ilmiah sudah jelas: pancaran cahaya biru dari gawai bisa mengancam mata. Para ahli kesehatan pun sudah sangat sering memberikan peringatan terkait bahaya sinar biru itu. Namun, tetap saja peringatan itu diindahkan.

Tahun lalu, misalnya. Seorang gadis cantik bernama Wu mendadak buta karena terlalu lama menatap layar telepon genggamnya. Gadis berusia 21 tahun dari Dongguan, Cina, itu diketahui bermain game favoritnya, King of Glroy, nonstop.

Dari pemeriksaan medis diketahui bahwa Wu mengalami retinal artery obstruction. Itu adalah sebuah gangguan yang menyerang retina. Sebenarnya gangguan itu lebih sering menyerang para lanjut usia. Dokter menduga bahwa Wu menderita gangguan itu karena terus-menerus menatap layar telepon genggam.

Sinar biru gadget bisa sebabkan kebutaan
Wu sedang diperiksa (Foto: Istimewa)

Baru-baru ini, para ilmuwan dari University of Telodo, Amerika Serikat, melakukan penelitian untuk melihat sejauh mana efek cahaya biru dari telepon genggam atau laptop terhadap mata. Dari penelitian itu, mereka mengetahui bahwa sinar biru bisa merusak penglihatan. Bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Mengapa paparan cahaya biru itu bisa merusak penglihatan? Karena cahaya biru itu bisa merusak retina mata. Cahaya biru itu bisa mengubah molekul vital di retina mata menjadi pembunuh sel.

“Bukan rahasia bahwa cahaya biru merusak penglihatan dengan merusak retina mata. Eksperimen kami menjelaskan bagaimana ini terjadi dan kami berharap ini mengarah pada terapi yang memperlambat degenerasi makula seperti tetes mata jenis baru,” kata Ajith Karunarathne, asisten profesor dari Departemen Kimia dan Biokimia Universitas Toledo, seperti dikutip dari Times of India.

Sinar biru gadget bisa sebabkan kebutaan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Degenerasi makula adalah salah satu penyebab utama kebutaan di Amerika Serikat. Degenari makula itu disebabkan oleh kematian sel fotoreseptor. Sel-sel ini diketahui sangat peka terhadap cahaya dan membutuhkan molekul yang dikenal sebagai retina untuk merasakan cahaya, yang memungkinkan untuk melihat.

“Jika Anda menyinari cahaya biru pada retina, retina membunuh sel fotoreseptor. Sel fotoreseptor tidak beregenerasi di mata. Ketika mereka mati, mereka mati untuk selamanya,” tambah Kasun Ratnayake, seorang mahasiswa PhD dan anggota penelitian.

Lindungi Mata
Bagaimana mengatasi masalah ini? Para ilmuwan menyarankan semua orang untuk memasang filter cahaya biru pada semua perangkat digital, termasuk ponsel pintar dan laptop. Selain itu, jangan menggunakan ponsel atau tablet di tempat gelap.

Sinar biru gadget bisa sebabkan kebutaan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Jangan lagi membuka ponsel atau laptop saat hendak tidur atau malam hari. Kalau pun kamu harus membuka laptop atau telepon genggammu, para peneliti menyarankan kamu untuk memakai kacamata hitam. Kacamata hitam diketahui dapat menyaring cahaya biru.

Jika diperhatikan baik-baik, upaya membatasi paparan cahaya biru tidak hanya bagus untuk mata. Cara itu justru dapat membuat tidur menjadi lebih baik dan lebih cepat. Mengapa? Karena memaparkan mata pada cahaya terang ponsel mencegah otak melepaskan melatonin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur tidur.