Olahraga

Atlet TNI AD yang Meraih Medali Asian Games 2018 Naik Pangkat

Atlet TNI yang meraih medali Asian Games 2018 naik pangkat
Rifki Ardiansyah meraih medali emas dari cabang karate (Foto: Istimewa)
54views

Asian Games 2018 sudah berakhir. Ada begitu banyak hal menarik yang terjadi sejak acara pembukaan pada Sabtu (18/8) hingga penutupan pada Minggu (2/9) lalu. Mulai dari megah dan elegannya acara pembukaan, membuncahnya animo masyarakat Indonesia menonton pertandingan demi pertandingan, hingga jumlah perolehan medali tim Indonesia yang fantastis.

Dari banyak hal menarik itu, jumlah perolehan medali tim Indonesia adalah yang paling banyak dibicarakan. Selama keikutsertaan Indonesia dalam ajang empat tahunan ini, baru pada Asian Games ke-18 ini Indonesia mencatat prestasi gemilang. Tim Indonesia mengumpulkan 98 keping medali dengan perincian 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Jumlah perolehan medali emas itu sebenarnya sudah melampaui target. Sebelumnya pemerintah menargetkan 16 medali emas. Ternyata para atlet meraihnya hampir 2 kali lipat. Dengan 31 keping medali emas itu, Indonesia menggeser Iran yang sebelumnya bertengger pada posisi 4 dalam klasemen perolehan medali.

Pemberian penghargaan kepada atlet TNI (Foto: Dispenad)

Sebagai wujud apresiasi atas perjuangan para atlet itu, pemerintah memberikan bonus yang tidak kecil jumlahnya. Uang senilai miliaran rupiah dikucurkan untuk para peraih medali. Dan para atlet itu pun diangkat menjadi PNS.

Tidak hanya pemerintah pusat yang memberikan apresiasi yang besar kepada para atlet, tetapi juga pemerintah daerah, institusi atau lembaga, dan pihak swasta. Selasa (4/9) lalu, Jenderal Mulyono, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, memberikan penghargaan kepada tiga atlet TNI AD yang meraih medali. Penghargaan berupa kenaikan pangkat.

Atlet TNI yang meraih medali Asian Games 2018 naik pangkat
Rifki mengalahkan karateka Iran pada babak final (Foto: Liputan6.com)

Pemberian penghargaan itu dilakukan dalam apel luar biasa di Mabes AD, Jakarta Pusat. Ketiga prajurit TNI yang berprestasi itu adalah Serda Rifky Ardiansyah, Serda Andi Agus Mulyana, dan Serda (K) Uswatun Hasanah.

Serda Rifky Ardiansyah meraih medali emas pada cabang olahraga karate. Pada babak final, Bintara Jasdam/Brawijaya itu mengalahkan karateka dari Iran. Serda Andi Agus Mulyana meraih dua medali. Medali perak diraih Dodik Belanegara Ridam III/Siliwangi dari cabang olahraga dayung 1.000 m. Sementara medali perunggu diraihnya dari cabang yang sama untuk nomor 500 m.

Atlet TNI yang meraih medali Asian Games 2018 naik pangkat
Uswatun Hasanah menyumbangkan medali perunggu (Foto: INASGOC)

Serda (K) Uswatun Hasanah meraih medali perunggu dari cabang olahraga tinju kelas 60 kg putri. Apa yang diraih Bintara Ditpalad ini adalah sebuah catatan sejarah untuk dunia tinju putri Indonesia. Sejak bergulirnya ajang Asian Games, ini adalah pencapaian terbaik tinju putri Indonesia.

Selain penghargaan berupa kenaikan pangkat, ketiga prajurit TNI AD ini juga mendapatkan uang pembinaan senilai Rp100 juta.

Atlet TNI yang meraih medali Asian Games 2018 naik pangkat
Jenderal Mulyono (Foto: Kompas)

“Semoga penghargaan ini dapat menginspirasi serta terus memompa semangat berlatih dan berprestasi pada masa yang akan datang,” kata Jenderal Mulyono seperti dilansir Antara.

Pada Asian Games 2018, TNI AD menerjunkan 55 orang atlet dari berbagai cabang olahraga. Mereka berjuang untuk memberikan yang terbaik kepada Indonesia. Dan perjuangan mereka pantas diapresiasi setinggi-tingginya.