Berita

Arab Saudi Siapkan Hukuman Berat untuk Pelaku Pelecehan Seksual

Hukuman berat untuk pelaku pelecehan seksual di Arab Saudi
Ilustrasi (Foto: REUTERS)
118views

Berita terkini Jelujur.com – Kabar baik untuk perempuan Arab Saudi. Kebebasan dan keamanan mereka dijamin dengan undang-undang. Saat ini, seperti dilansir kompas.com, pemerintah Arab Saudi sedang menyiapkan seperangkat undang-undang yang mengatur hukuman bagi pelaku pelecehan seksual.

Dewan Syuro kerajaan menyetujui rancangan undang-undang yang berisi tentang hukuman penjara hingga 5 tahun dan denda sebesar 300.000 riyal atau setara dengan Rp1,1 miliar. Menurut Latifa Al Shaalan, salah satu anggota Dewan Syuro, rancangan undang-undang itu merupakan tambahan penting dalam sejarah peraturan di kerajaan.

Hukuman berat untuk pelaku pelecehan seksual di Arab Saudi
(Foto: AFP)

“RUU ini mengisi kekosongan legislatif yang besar dan menjadi langkah pencegahan (pelecehan seksual),” kata Latifa Al Shaalan, anggota Dewan Syuro.

Rancangan undang-undang ini diajukan oleh Kementerian Dalam Negeri atas instruksi dari Raja Salman. Tujuannya adalah memerangi dan mencegah tindakan kriminal terkait pelecehan, menghukum pelaku, dan melindungi korban. Selain menjaga kerahasiaan identitas para korban, RUU juga akan mengusut kasus hasutan untuk melakukan pelecehan seksual.

Hukuman berat untuk pelaku pelecehan seksual di Arab Saudi
(Foto: hiiraan.com)

Rancangan undang-undangan ini dibuat menyusul makin meningkatnya kasus pelecehan seksual dalam beberapa tahun belakangan ini. Pada Februari lalu, seorang perempuan membuat heboh jagat Twitter dengan tagar #MosqueMeToo. Di situ, dia membagikan cerita tentang pelecehan seksual yang dialaminya ketika menjalani ibadah haji. Sebelumnya, pada 2013 lalu, seorang perempuan bernama Mona Elthahawy, jurnalis keturunan Mesir-Amerika, juga mengungkapkan kasus pelecehan seksual yang dialaminya selama ibadah haji.