fbpx
Kecantikan & Kesehatan

Apakah Jerawat Bisa Diatasi dengan Bawang Putih? Ini Kata Ahli

Cara mengatasi jerawat dental bawang putih
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
91views
Waktu baca : 2 menit

Berita terkini Jelujur.com – Apa gangguan kulit paling menjengkelkan yang ingin sekali perempuan hindari? Sebagian besar perempuan jerawat. Mengapa? Karena tidak ada perempuan yang ingin punya wajah berjerawat. Semua perempuan ingin punya wajah yang halus dan mulus.

Sejak dulu, orang mencari berbagai cara untuk mengatasi masalah ini. Ada yang memilih cara tradisional. Sementara yang lain memilih cara modern dengan bantuan peralatan dan pengobatan medis terbaru. Ada yang berhasil. Namun, tidak sedikit juga yang justru menimbulkan masalah yang lebih serius.

Dalam beberapa hari belakangan ini, banyak perempuan meniru cara Farah Dhukai. Beauty vlogger asal Kanada itu memilih mengatasi jerawat dengan mengoleskan irisan bawang putih pada jerawat. Menurutnya, bawang putih dapat mencegah dan mengatasi jerawat.

Cara mengatasi jerawat dental bawang putih
(Foto: Istimewa)

Benarkah bawang putih dapat mengatasi jerawat? Menurut Doris Day, M.D, seorang dokter kulit sekaligus penulis buku 100 Questions and Answers About Acne, bawang putih bisa digunakan untuk mengatasi jerawat karena bawang putih mengandung antioksidan dan sifat antiradang. Rachelle Wood, ahli gizi di Charlottetown P.E.I, mendukung pendapat itu. Dia mengatakan bahwa bawang putih dapat membantu melawan peradangan berkat bahan kimia alami yang terkandung di dalamnya. Bahan kimia yang disebut allicin itu diklaim dapat membunuh banyak virus dan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Selain menggosokkan irisan bawang putih pada kulit yang berjerawat seperti yang dilakukan Farah, kamu bisa menggunakan cara lain. Dilansir Livestrong, makan bawang putih atau menghancurkannya dan mencampurkannya dalam segelas susu juga bisa menjadi cara lain untuk mengatasi jerawat. Namun, kamu harus mengujinya terlebih dahulu dengan cara mengoleskannya pada kulit. Jika tidak ada reaksi, berarti aman.

Cara mengatasi jerawat dental bawang putih
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Rupanya apa yang dilakukan Farah ini tidak dapat dilakukan semua perempuan. Pasalnya, menurut Marie Leger, M.D., Ph.D, seorang dokter kulit sekaligus asisten profesor dari New York City, mengoleskan bawang putih pada jerawat bisa mengakibatkan dermatitis kontak, peradangan kulit akibat iritasi. Pada umumnya, kondisi ini terjadi pada orang yang memiliki alergi bawang putih atau  yang punya kulit tergolong sensitif. Pada mereka, mengoleskan bawang putih justru bisa membuat jerawat tumbuh lebih banyak. Kulit akan terasa panas dan perih.

Untuk menghindari efek samping seperti itu, para pakar kesehatan kulit menyarankan perempuan untuk menggunakan cara lain yang sudah lebih teruji dan aman. Misalnya, menggunakan krim hidrokortison. Krim ini bisa dibeli di apotek. Selain itu, bisa juga digunakan lidah buaya dan obat yang mengandung asam salisilat dan benzoyl peroxide. Namun, kamu menyesuaikannya dengan keadaan kulit. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.