Kecantikan & Kesehatan

Apa Efek Buruk dari Tidur Menyamping?

Inilah efek buruk dari tidur menyamping
Ilustrasi Foto: Istimewa)
22views

Ada tiga posisi tidur: telentang, tengkurap, dan menyamping. Masing-masing posisi tidur itu punya kelebihan dan kekurangan. Dan masing-masing orang memilihnya sesuai dengan tingkat rasa nyaman.

Telentang, misalnya. Banyak orang memilih posisi ini karena tidak ada tekanan pada dada dan perut. Namun, posisi seperti itu membuat orang mudah mendengkur dan mengalami sleep apnea.

Tengkurap lain lagi. Ada orang yang memilih posisi ini dengan maksud cepat terlelap. Masalahnya adalah posisi ini membuat tekanan pada perut dan dada berlebihan. Apalagi jika posisi itu dipertahankan dalam waktu yang lama.

Lalu bagaimana dengan posisi menyamping? Menurut para ahi kesehatan, tidur menyamping adalah posisi tidur yang lebih baik. Seperti dilansir situs On Health, 41% orang memilih posisi ini. Dan pada umumnya dilakukan perempuan.

Inilah efek buruk dari tidur menyamping
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Dilansir CNN, manfaat tidur menyamping adalah menghindari sakit punggung dan leher karena tulang belakang terjaga pada posisi yang nyaman. Posisi ini juga menghindarkan orang dari kemungkinan mendengkur karena jalur udara dalam tubuh tidak terhalang seperti ketika tidur dalam posisi telentang.

Untuk ibu hamil, posisi tidur menyamping juga adalah posisi tidur terbaik. Mengapa? Karena posisi ini membantu memperlancar sirkulasi bagi bayi dan ibu.

Situs Eight Mattres menulis bahwa jika seseorang rentan mengalami heartburn atau sensasi panas dan perih pada dada, maka tidur menyamping adalah posisi terbaik. Posisi itu juga akan memperlancar pencernaan serta menstimulasi pembersihan racun dari nodus limfa.

Tidur menyamping memang punya banyak manfaat. Namun, efek buruknya juga ada. Apa saja efek buruk yang ditimbulkannya?

Menimbulkan kerutan

Inilah efek buruk dari tidur menyamping
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Sebenarnya, menurut penelitian, tidur menyamping baik bagi kesehatan. Masalahnya adalah posisi seperti ini justru bisa merusak kulit. Profesor dermatologi dari Saint Louis University, seperti dilaporkan CNN, mengatakan bahwa tidur menyamping bisa membuat kerutan kulit lebih mudah muncul. Posisi ini juga membuat wajah tertekan pada permukaan bantal dan menimbulkan efek gesekan.

Membuat payudara kendur

Inilah efek buruk dari tidur menyamping
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Efek buruk lain dari tidur menyamping adalah mengubah bentuk payudara. Menurut editor kesehatan majalah Health, tidur menyamping memaksa payudara untuk tergantung, sehingga meregangkan ligamen.  Hal itulah yang menyebabkan payudara kendur.

Kesemutan dan kram

Inilah efek buruk dari tidur menyamping
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Dilansir Greatist, tidur menyamping baik untuk pencernaan, tapi bisa memberikan tekanan pada perut dan paru-paru. Posisi ini pun bisa menahan aliran darah ke lengan dan tangan serta menekan syaraf. Itulah sebabnya banyak orang merasa kesemutan dan mengalami kram.