Berita

Ahok Berkarya Dalam Keheningan: Sebuah Buku Seharga Rp1 Juta

Ahok tulis buku Kebijakan Ahok
Basuki Tjahja Purnama (Foto: The Jakarta Post)
43views

Sejak bulan lalu, tim Ahok berjanji akan memberikan kejutan menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia. Janji akan kejutan itu ditulis dalam akun Instagram @basukibtp. Dan janji itu mereka penuhi Kamis (16/8) lalu. Sehari sebelum Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kejutan itu adalah sebuah karya mahakarya Ahok setebal 331 halaman.  Buku berjudul Kebijakan Ahok itu adalah buah pemikiran Ahok selama mendekam di dalam tahanan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat. Ditulisnya selama satu tahun.

“Kami seminggu sekali berkunjung ke Mako. Biasanya beliau ngasih kisi-kisi dan nanti kita kembangkan redaksinya,” kata Sakti Budiono, salah satu staf Ahok, daam peluncuran buku Kebijakan Ahok di Gedung Filateli, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Kamis (16/8) lalu, seperti dilansir kumparan.

Ahok tulis buku Kebijakan Ahok
Sean, putra Ahok, hadir untuk membacakan sambutan Ahok (Foto: Istimewa)

Garis besar buku itu adalah dasar-dasar kebijakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu ketika membangun dan menata ibu kota. Mulai dari merancang Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), menata Kali Jodo, hingga membangun Simpang Susun Semanggi 2 dan lain sebagainya. Ada juga penjelasan tentang apa dan bagaimana hubungan antarkomisi di DPRD dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai eksekutif. Ahok tidak mengungkapkan persoalan pribadinya dalam buku itu selain berbagai kebijakan politisnya untuk DKI Jakarta.

“Harapannya, bagi teman-teman yang memang berniat ke dunia poltik, khususnya ke DPRD, setidaknya mereka paham harus bagaimana,” katanya.

Ahok tulis buku Kebijakan Ahok
(Foto: Twitter)

Acara peluncuran buku itu dihadiri Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Syaiful Hidayat. Putra Ahok, Nicholas Sean Purnama, juga hadir. Dia membacakan surat sambutan ayahnya.

Saat ini, buku itu Kebijakan Ahok dijual hanya melalui media sosial resmi Ahok. Cetakan pertamanya sebanyak 5.000 eksemplar. Harga per eksemplarnya sangat fantastis: Rp1 juta.

Ahok tulis buku Kebijakan Ahok
Djarot Syaiful Hidayat memegang karya Ahok (Foto: Tempo.co)

Buku itu dijual mahal bukan tanpa alasan. Menurut Mahdiah, salah satu staf Ahok, buku itu dijual mahal karena seluruh hasil penjualan buku itu akan disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

“Harganya pasti menjadi pertanyaan. Ini untuk donasi karena masih banyak masyarakat yang meminta bantuan kepada Ahok,” katanya seperti dilansir Tempo.co.