Kecantikan & Kesehatan

5 Langkah Praktis untuk Mencegah Kaki Kram Saat Berolahraga

Cara mengatasi kram otot saat berolahraga
Anthony Ginting mengalami kram otot (Foto: JawaPos.com)
92views

Ada satu momen mengharukan yang terjadi pada babak final cabang olahraga badminton dalam ajang Asian Games 2018, Rabu (22/8) lalu. Dengan misi menyumbang poin pertama untuk tim Indonesia, Anthony S. Ginting bertarung mati-matian melawan Shi Yuqi, salah satu unggulan China. Ia bahkan bertarung dalam kesakitan yang luar biasa karena kram.

Ia sempat melanjutkan pertandingan setelah tergeletak di tengah lapangan karena kram pada kaki kirinya. Namun, rasa sakit yang luar biasa memaksanya untuk berhenti pada skor 20-21. Ia tergeletak di luar lapangan.

Kram atau kontraksi otot itu terjadi karena olahraga atau aktivitas yang terlalu berat. Dan apa yang dialami Anthony Ginting itu dialami juga oleh banyak orang lainnya. Baik atlet, maupun nonatlet.

Apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi kram ketika bekerja atau berolahraga? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kram otot seperti dikutip dari Livestrong:

Hindari minuman yang membuat dehidrasi

Cara mengatasi kram otot saat berolahraga
Kopi (Foto: Istimewa)

Kamu harus tahu bahwa sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air. Oleh karena itu, sebelum, saat, dan sesudah berolahraga, kamu harus memastikan bahwa kebutuhan tubuhmu akan cairan cukup. Agar cairan tubuhmu cukup, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda, dan minuman energi. Minuman seperti itu dapat membuat dehidrasi. Dan dehidrasi dapat menyebabkan kram.

Tingkatkan fleksibilitas

Cara mengatasi kram otot saat berolahraga
Peregangan statis (Foto: fitnessformen.co.id)

Melakukan peregangan statis sebelum berolahraga dapat menjaga betis dan otot kaki menjadi fleksibel. Dengan demikian, risiko kram bisa diminimalisir.

Lakukan pemanasan sebelum olahraga

Cara mengatasi kram otot saat berolahraga
Joging (Foto: Getty Images)

Jangan melakukan olahraga tanpa pemanasan. Sudah sering terjadi bahwa orang mengalami kram karena tidak melakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga. Mengapa? Karena otot yang dingin dan kencang. Jadi, lakukan pemanasan seperti joging selama 10 menit atau berjalan cepat.

Pijat

Cara mengatasi kram otot saat berolahraga
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Pijat punya banyak manfaat. Salah satunya adalah membantu merilekskan tubuh dan pikiran. Selain itu, pijat juga dapat membantu melonggarkan otot. Dengan begitu, risiko kram bisa dikurangi.

Nutrisi yang cukup

Cara mengatasi kram otot saat berolahraga
Pisang mengandung kalium yang tinggi (Foto: Istimewa)

Mengapa terjadi kram? Salah satu penyebabnya adalah tubuh mengalami kekurangan kalium, magnesium, dan kalsium. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi penting itu.